Yth.
1. Pimpinan Badan Penyelenggara
2. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta
3. Dosen DPK dan Dosen Tetap Yayasan
4. Pengguna Layanan
dalam lingkungan LLDIKTI Wilayah IX
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di LLDIKTI Wilayah IX, dengan hormat kami sampaikan bahwa mulai tanggal 21 Maret 2022, LLDIKTI Wilayah IX telah menggunakan aplikasi Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) untuk implementasi tanda tangan elektronik (TTE) pada setiap dokumen produk layanan dan naskah dinas yang kami terbitkan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Verifikasi dan validasi dokumen dapat dilakukan melalui scan QR code yang terdapat pada dokumen tersebut, dan otomatis akan diarahkan ke laman http://persuratan.kemdikbud.go.id yang memuat informasi nomor surat, tanggal surat, penandatangan, perihal dan unit kerja yang menerbitkan dokumen tersebut.
2. Verifikasi dan validasi juga dapat dilakukan melalui laman https://tte.kominfo.go.id/verifyPDF dengan mengunggah dokumen untuk mendapatkan informasi terkait kebenaran dan keaslian TTE pada dokumen tersebut.
3. Bagi pengguna Android, dapat menggunakan aplikasi VeryDS yang dirilis oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) untuk verifikasi dan validasi dokumen yang menggunakan TTE. Aplikasi dapat diunduh melalui: https://play.google.com/store/apps/details?id=hantek.bsre.pdfverify
4. Dokumen yang kami terbitkan dengan menggunakan tanda tangan asli dan stempel basah dikarenakan ada kendala pada sistem TTE atau pertimbangan lain, tetap sah sebagai dokumen resmi LLDIKTI Wilayah IX.
Demikian disampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.
Kepala LLDIKTI Wilayah IX,
Drs. Andi Lukman, MSi.
Informasi ini merupakan bagian dari Surat Kepala LLDIKTI Wilayah No. 2327/LL9/TU.00.01/2022 tanggal 27 Maret 2022 tentang Implementasi Tanda Tangan Elektronik di LLDIKTI Wilayah IX yang dapat diunduh melalui: